post by mkim_wp | 0 comment

Jadwal Kuliah

Jadwal kuliah setiap semester dapat dibaca dengan mengklik Tahun Akademik pada Jadwal Kuliah.

Sebelum membaca jadwal kuliah ada baiknya menyegarkan kembali pengetahuan kita tentang perkembangan aturan dalam pendidikan khususnya tentang standar pendidikan nasional. Pada perkuliahan strata dua (S2) tingkat kompetensi lulusan yang diinginkan adalah menguasai teori. Untuk mengetahui selengkapnya sebaiknya baca isi : 

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Sesuai PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 49 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI yang ditetapkan 9 Juni 2014, bahwa STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN terdiri atas 8, yaitu:

  1. Standar kompetensi lulusan;
  2. Standar isi pembelajaran;
  3. Standar proses pembelajaran;
  4. Standar penilaian pembelajaran;
  5. Standar dosen dan tenaga kependidikan;
  6. Standar sarana dan prasarana pembelajaran;
  7. Standar pengelolaan pembelajaran; dan
  8. Standar pembiayaan pembelajaran.

Bagaimana memahami dan menerapkan Standar Nasional Pendidikan di atas? Bagaimana Standar tersebut mengontrol dan mengevaluasi pembelajaran Ilmu Kimia? Standar Isi meliputi tingkat kedalaman dan tingkat keluasan materi pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran sesuai KKNI:

No. KKNI Kedalaman dan Keluasan Ilmu Kimia
1. Lulusan Program D1 Menguasai Konsep Umum Tentunya lebih tinggi dari SMU/SMK. Pada tingkat ini telah diperkenalkan misalnyasistem periodik.
2. Lulusan Program D2 Menguasai Prinsip Dasar Tentunya lebih tinggi dari D1. Pada tingkat ini Sistem periodik membahas kecenderungan sifat-sifat makroskopik unsur.
3. Lulusan Program D3 Menguasai Konsep Teoritis Secara Umum Tentunya lebih tinggi dari D2. Pada tingkat ini Sistem periodik membahas kecenderungan reaksi-reaksi unsur.
4. Lulusan Program D4/S1 (Sarjana) Menguasai Konsep Teoritis Secara Umumdan Konsep Teoritis Bagian Khusus. Tentunya lebih tinggi dari D3. Pada tingkat ini telah menguasai misalnya konsepteori atom dan konfigurasi elektron dan hubungannya dengan sifat-sifat dan reaksi unsur-unsur.
5. Lulusan Program S2 (Magister) Menguasai Teori Tentunya lebih tinggi dari S1. Pada tingkat ini telah mengusai misalnya teori kuantum atom.
6. Lulusan Program S3 Menguasai filosopi keilmuan Tentunya lebih tinggi dari S2. Pada tingkat ini telah menguasai filosopi atom dan sifat-sifat serta reaksi yang dapat ditimbulkannya.

Pertanyaan berikutnya adalah apa perbedaan dan batasan Konsep Umum, Prinsip Dasar, Konsep Teori, Teori, dan Filosopi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>