in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Sistem Penghantaran Bioaktif

Kode:

AKM22732

Bobot

2 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.
  2. Dr. M. Asy’ari, MSi.

Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (PU1/KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (PU2/KU2)Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. (PU3/KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  5. (PU4/KU4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. (PU5/KU5) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. (PU7/KU7) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. (PK1/KK1) Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  9. (K1/PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan ….. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan …
  6. (M6) Mampu menjelaskan …
  7. (M7) ….

Deskripsi Singkat Matakuliah

Dalam mata kuliah Sistem Penghantaran Bioaktif akan dijabarkan bagaimana konsep struktur, termodinamika dan kinetika dalam ilmu kimia digunakan untuk menjelaskan teknologi penghantaran bioaktif.
Pembahasan meliputi:

  1. Difusi dan dispersi bioaktif.
  2. Difusi dalam sistem biologi.
  3. Permeasi bioaktif melalui biomembran.
  4. Sistem penghantaran terkontrol.
  5. Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif.
  6. Polimer sebagai Penghantar Bioaktif

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Pembahasan meliputi:

  1. Difusi dan dispersi bioaktif.
  2. Difusi dalam sistem biologi.
  3. Permeasi bioaktif melalui biomembran.
  4. Sistem penghantaran terkontrol.
  5. Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif.
  6. Polimer sebagai Penghantar Bioaktif

Pustaka

Utama:

  1. Saltzman, W. M., 2001, Drug Delivery : Engineering Principles for Drug Delivery, Oxford University Press, Inc.
  2. Malmsten, M., 2002, Surfactants and Polymers in Drug Delivery, Marcel Dekker, Inc.
  3. Fanun, M., 2010, Colloids In Drug Delivery, Taylor and Francis Group, LLC.
  4. Artikel-artikel yang relevan

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Difusi dalam sistem biologi.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Difusi dalam sistem biologi.
a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 1:

TM=

1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)b. mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan Difusi dalam sistem biologi
Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas secara berkelompok.

Penilaian Pertemuan-1:

(a) Kriteria dan Indikator: ketepatan menafsirkan dan menyimpulkan Difusi dalam sistem biologi
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 5

2,3

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Difusi dan dispersi bioaktif.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Difusi dan dispersi bioaktif.
a. Ceramah.

 

 

 

b. Cooperative Learning.

Pertemuan 2,3

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM=

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)b. Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas secara berkelompok.

Penilaian Pertemuan-2,3:

(a) Kriteria dan Indikator: ketepatan memberi argumen tentang Difusi dan dispersi bioaktif
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 10

4,5,6

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Permeasi bioaktif melalui biomembran.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Permeasi bioaktif melalui biomembran.
a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 4,5,6

TM=

3 x(3x 50″)

BT+BM:

3x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi,
Bertanya (pengembangan, kritik)

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-4,5,6:

(a) Kriteria dan Indikator: ‘ketepatan memberi argumen tentang Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly)
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 15

7,9

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Sistem penghantaran terkontrol.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Sistem penghantaran terkontrol.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 7,9

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-7,9:

(a) Kriteria dan Indikator: ‘ketepatan memberi argumen tentang Sistem penghantaran terkontrol
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 15

8

Ujian

Tengah

Semester

atau

UTS

(Melakukan

validasi

hasil penilaian,

evaluasi dan

proses perbaikan

proses

pembelajaran

berikutnya).

10,11

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10,11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik).

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-10,11:

(a) Kriteria dan Indikator: ‘ketepatan memberi argumen tentang Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 25

12-15

Mahasiswa mampu menilai dan memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Polimer sebagai Penghantar Bioaktif.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5),
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6), Sistem dan Sintesis Mikro- & Makromolekul & Biomolekul (U10): Surfaktan sebagai Penghantar Bioaktif.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 12-15

TM=

4x(3x 50″)

BT+BM:

4x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik).

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian

Pertemuan-12-15:

 

(a) Kriteria dan Indikator: ketepatan memberi argumen dan mengarahkan tentang Metode Analisis biomolekul
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 25

16

Ujian

Akhir

Semester

atau

UAS