post by mkim_wp |

(8) Biomembran

in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Biomembran

Kode:

AKM22724

Bobot

2 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.
  2. Dr. Retno Ariadi L, MSi.

Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (PU1/KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (PU2/KU2)Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. (PU3/KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  5. (PU4/KU4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. (PU5/KU5) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. (PU7/KU7) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. (PK1/KK1) Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  9. (K1/PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan ….. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan …
  6. (M6) Mampu menjelaskan …
  7. (M7) ….

Deskripsi Singkat Matakuliah

Dalam mata kuliah Biomembran akan dijabarkan bagaimana konsep struktur, termodinamika dan kinetika dalam ilmu kimia digunakan untuk menjelaskan perilaku dan fungsi membran dalam sistem biologi.
Pembahasan meliputi:

  1. Struktur dan Komposisi Biomembran.
  2. Struktur dan sifat Membran Lipida.
  3. Karakterisasi dan struktur Dasar Membran Protein.
  4. Asimetri dalam Membran.
  5. Dinamika Molekul Membran dan interaksi Protein-Lipida.
  6. Membran Enzimologi.
  7. Interaksi Molekul dengan Membran.

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Pembahasan meliputi:

  1. Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul
  2. Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul
  3. Interaksi intra dan intermolekul
  4. Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly)
  5. Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat
  6. Metode Analisis biomolekul
  7. Bioinformatika

Pustaka

Utama:

  1. Gennis, R.B., 1989, Biomembranes: Molecular Structure and Function, Springer-Verlag.
  2. Hyvönen, M., 2001, Molecular Dynamics Simulations On Phospholipid Membranes, University of Oulu.
  3. Tien, H.T., dan Ottova-Leitmannova, 2000, Membrane Biophysics: As View from Experimental Bilayer Lipid Membranes (Planar Lipid Bilayers and Spherical Liposomes), Elsevier.
  4. Heimburg, T., 2007, Thermal Biophysics of Membranes, WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim.
  5. O. Mouritsen, 2005, Life – as a Matter of Fat, Springer-Verlag, Heidelberg.
  6. Artikel-artikel yang relevan

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 1:

TM=

1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

Penilaian Pertemuan-1:

(a) Kriteria dan indikator: . Bobot (%): 5

2-3

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 2 dan 3

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM=

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-2,3:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

4

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 4

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-4:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

5,6

.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 5,6

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-5,6:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

7, 9

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning

Pertemuan 7,9

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-7,9:

(a) Kriteria dan indikator:

.

Bobot (%): 25

8

Ujian

Tengah

Semester

atau

UTS

10-11

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

.

Penilaian Pertemuan-10,11:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 20

12-15

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 30

16

Ujian

Akhir

Semester

atau

UAS