post by mkim_wp |

(14) Metode Pemisahan dan Elusidasi Struktur Anorganik

in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Metode Pemisahan dan Elusidasi Struktur Anorganik

Kode:

AKM22617

Bobot

2 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Adi Darmawan, SSi., MSi., PhD.
  2. Yayuk Astuti, SSi., PhD.
  3. Dr. Muhammad Cholid Djunaidi, MSi.

Adi Darmawan, SSi., MSi., PhD.

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S9)
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. (KU3)
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skipsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU4)
Mampu mengambil keputusan secara tetap dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5)
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU9)
Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi dan sintesis bahan kimia yang telah dilakukan. (KK1)
Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikro-molekul melalui penerapan pengetahuan struktur, sifat, kinetika, dan energetika molekul dan sistem kimia, dengan metoda analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan. (KK2)
Mampu melakukan analisis terhadap beberapa alternatif solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia yang tersedia dan menyajikan simpulan analisis untuk pengambilan keputusan yang tepat. (KK3)
Mampu menggunakan piranti lunak untuk menentukan struktur dan energi mikromolekul, piranti lunak untuk membantu analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik (organik, biokimia, atau anorganik), dan untuk pengolahan data (kimia analitik). (KK4)
Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, perubahan, kinetika, dan energetika molekul dan sistem kimia, identifikasi, pemisahan, karakterisasi, transformasi, sintesis bahan kimia mikromolekul dan terapannya. (PP1)
Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen kimia yang umum, serta analisis data dan informasi dari instrumen tersebut. (PP2)
Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk analisis, sintesis, dan pemodelan molekul pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik. (PP3)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mahasiswa mampu menjelaskan … (KU1, KU2, PP1).
  2. (M2) Mahasiswa mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1).
  3. (M3) Mahasiswa mampu menggambarkan …. (KU1, KU2, PP1).
  4. (M4) Mahasiswa mampu menggambarkan …. (KU1, KU2, PP1).

Deskripsi Singkat Matakuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip metode analisis dan teknik-teknik yang umum digunakan untuk analisis zat padat

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

in Progress…

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

  1. Penjelasan umum tentang struktur zat anorganik
  2. Berbagai metode pemisahan zat padat dan metode analisis material
  3. Spektroskopi UV-tampak
  4. Spektroskopi inframerah dan Raman
  5. Resonansi magnetik nuklir (H-NMR, C-NMR, Si-NMR) dan xps
  6. Metode difraksi sinar x bagian I; Hukum Bragg
  7. Metode difraksi sinar x bagian 2; Identifikasi fasa
  8. Metode difraksi sinar x bagian 2; Menentukan jenis mineral secara online
  9. Analisis termal: TGA
  10. Mikroskopi electron (SEM dan TEM) dan Scanning probe microscopy (AFM)
  11. Analisis serapan gas
  12. Electrochemical techniques
    EIS
    Cyclic voltametry
    LCR

Pustaka

Utama:

  1. Atkins, Overton, Rouke, Weller, Amstrong, Hagerman, 2010, Shriver and Atkins’ Inorganic Chemistry, Oxford University Press.
  2. Catherine E. Housecroft and Alan G. Sharpe, 2008, 3rd ed., “Inorganic Chemistry”, Pearson Education Limited.
  3. Anthony R. West, 2014, 2nd ed, “Solid State Chemistry and Its Application”, Wiley.
  4. Nigel J.K. Simpson, 2000, Solid-Phase Extraction: Principles, Techniques, and Applications, CRC Press

Pendukung:

1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

…..

Perangkat keras:

LCD dan Projector

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

Mampu memahami (C2), menunjukkan (P2) dan mendiskusikan (A2) tentang struktur padatan anorganik secara umum.

Penjelasan umum tentang struktur zat anorganik ceramah, diskusi

Pertemuan 1:

TM= 1x(3×50″)

 

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang aspek termodinamika dan kinetika reaksi anorganik serta kestabilan dan kreaktifan suatu senyawa
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-1:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menjelaskan (1) sel satuan (2) deskripsi stuktur kristal (3) penataan close packing (4) struktur khas dari padatan ionik dengan keberhasilan jawaban minimal 80%. Bobot (%): 8

2

Mampu memahami (C2), menunjukkan (P2) dan mendiskusikan (A2) tentang konsep pemisahan zat padat.

Berbagai metode pemisahan zat padat dan metode analisis material ceramah, diskusi

Pertemuan 2:

TM= 1x(3×50″)

 

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang Solid-phase extraction (SPE) dan Liquid-liquid extraction untuk material anorganik dan
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen

Penilaian Pertemuan-2:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menjelaskan perbedaan antara metode difraksi, metode spektroskopi absorpsi, metode resonansi, metode mikroskopi, analisis marfologi dan analisis termal dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

 Bobot (%): 8

3

 Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang Spektroskopi UV-tampak  Spektroskopi UV-tampak  ceramah, diskusi

Pertemuan 3:

TM= 5x(3×50″)

 

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang spektroskopi UV visible untuk analisis material anorganik dan
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-3:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang penggunaan metode spektroskopi UV visible dalam identifikasi material dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

 Bobot (%): 7

4

 Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang Spektroskopi inframerah dan Raman.  Spektroskopi inframerah dan Raman  ceramah, diskusi

Pertemuan 4:

TM= 1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang spektroskopi inframerah dan Raman untuk analisis material anorganik dan
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen

Penilaian Pertemuan-4:

Kriteria dan Indikator:  Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang (1) Energi dari vibrasi molekul (2) Identifikasi gugus fungsi dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

Bobot (%): 7

5

Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang Resonansi magnetik nuklir dan XPS. Resonansi magnetik nuklir (H-NMR, C-NMR, Si-NMR) dan xps  ceramah, diskusi

Pertemuan 5:

TM= 1x(3×50″)

 

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang nuclear magnetic resonance dan XPS untuk analisis material zat padat dan
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen

Penilaian Pertemuan-5:

Kriteria dan Indikator:

Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan (1) Pengamatan spektrum (2) Pergeseran kimia (3) NMR zat padat dengan keberhasilan jawaban minimal 80%

Bobot (%): 7

6

 Mampu memahami (C2), menunjukkan (P2) dan mendiskusikan (A2) tentang konsep dasar metode difraksi sinas-x.  Metode difraksi sinar x bagian I; Hukum Bragg  ceramah, diskusi

Pertemuan 6:

TM= 1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang difraksi sinar x, dan hokum-hukum dasarnya analisis material zat padat dan
Membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-6:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menjelaskan tentang hukum Bragg dan geometri kristal dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

Bobot (%): 7

7

 Mampu memahami (C2), menunjukkan (P2) dan mendiskusikan (A2) tentang identifikasi fasa menggunakan metode difraksi sinar-x, dan cara menentukan jenis mineral dan mencocokkannya dengan database online.  Metode difraksi sinar x bagian 2; Identifikasi fasa; Menentukan jenis mineral secara online  ceramah, diskusi

Pertemuan 7:

TM= 1x(3×50″)

 

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang cara-cara identifikasi fasa menggunakan difraksi sinar x baik serta mQembahas; cara-cara menentukan jenis mineral menggunakan perhitungan hokum Bragg dan mencari datanya secara online menggunakan webmineral; dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-7:

Kriteria dan Indikator:

Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan cara menghitung pemisahan bidang dan mengindenfikasi fasa;  cara mengidentifikasi mineral dan mencocokkannya dengan database online yang terdapat di internet; dengan keberhasilan jawaban minimal 80%

Bobot (%): 14

8

 Ujian

Tengah

 Semester

atau

 UTS

9,10

 Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang analisis termal Analisis termal: TGA  ceramah, diskusi

Pertemuan 9,10:

TM= 2x(3×50″)

 

BT+BM= 2x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang penggunaan metode termal dalam bentuk TGA dan DSC untuk digunakan pada analisis material zat padat serta membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen

Penilaian Pertemuan-9,10:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan thermogravimetric analysis (TGA) dan differential scanning calorimetry (DSC) dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

Bobot (%): 7

11

 Mampu memahami (C2), menunjukkan (P2) dan mendiskusikan (A2) tentang mikroskopi elektron.  Mikroskopi electron (SEM dan TEM) dan Scanning probe microscopy (AFM)  ceramah, diskusi

Pertemuan 11:

TM= 1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang penggunaan metode microscopy sepertu SEM, TEM dan AFM dalam analisis zat padat serta membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-11:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang prinsip kerja mikroskopi elektronik dan informasi apa saja yang dapat diperoleh dari SEM, TEMdan AFM image dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

Bobot (%): 7

12,13

 Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang Analisis serapan gas.  Analisis serapan gas  ceramah, diskusi

Pertemuan 12,13:

TM= 2x(3×50″)

 

BT+BM= 2x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang analisis serapan gas (GSA) dan kegunaannya dalam analisis zat padat serta membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen.

Penilaian Pertemuan-12,13:

Kriteria dan Indikator:

Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang penggunaan metode Gas Sorption analysis untuk mengetahui sifat marfologi permukaan dan pori dari suatu material dengan keberhasilan jawaban minimal 80%

Bobot (%): 7

14,15

 Mampu memahami (C2), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) tentang analisis menggunakan teknik elektrokimia.  Electrochemical techniques
EIS
Cyclic voltametry
LCR
 ceramah, diskusi

Pertemuan 14,15:

TM= 2x(3×50″)

BT+BM= 2x(3×60″+3×60″)

 Meringkas informasi, bertanya dan melakukan kritik
Mencari, mengumpulkan, dan mengingat kembali informasi yang ada tentang teknik-teknik elektrokimia dalam analisis zat padat serta membahas dan menyimpulkan pertanyaaan tugas yang diberikan dosen

Penilaian Pertemuan-14,15:

Kriteria dan Indikator: Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang teknik elektrokimia dengan keberhasilan jawaban minimal 80%.

Bobot (%): 7

16.

 Ujian

 Akhir

 Semester

Atau

 UAS