post by mkim_wp |

(2) Kimia Biofisik

in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Kimia Biofisik

Kode:

AKM22614

Bobot

3 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.
  2. Dr. Khairul Anam, MSi.
  3. Dr. M. Asy’ari, MSi.

Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (PU1/KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (PU2/KU2)Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. (PU3/KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  5. (PU4/KU4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. (PU5/KU5) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. (PU7/KU7) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. (PK1/KK1) Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  9. (K1/PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan ….. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan …
  6. (M6) Mampu menjelaskan …
  7. (M7) ….

Deskripsi Singkat Matakuliah

Dalam mata kuliah Kimia Biofisik akan dijabarkan bagaimana konsep struktur, termodinamika dan kinetika dalam ilmu kimia digunakan untuk menjelaskan perilaku dan fungsi biomolekul dalam sistem biologi.

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Pembahasan meliputi:

  1. Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul
  2. Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul
  3. Interaksi intra dan intermolekul
  4. Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly)
  5. Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat
  6. Metode Analisis biomolekul
  7. Bioinformatika

Pustaka

Utama:

  1. Cooper, A., 2004, Biophysical Chemistry, The Royal Society of Chemistry.
  2. Sheehan, D., 2009, Physical Biochemistry: Principles and Apllications, 2 ed., John Wiley & Sons Ltd., West Sussex.
  3. Allen, J.P., 2008, Biophysical Chemistry, Blackwell Publishing, New York.
  4. Van Holde, K.E., Johnson, W.C., dan Ho, P.S., 2006, Principles of Physical Biochemistry, 2 ed., Pearson Prentice Hall, New York.
  5. Hoppe, W., Lohmann, W., Markl, H., Ziegler, H, 1983, Biophysics, Springer-Verlag, Berlin.
  6. Artikel-artikel yang relevan

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul.
a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 1:

TM=

1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)b. mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul
Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas secara berkelompok.

Penilaian Pertemuan-1:

(a) Kriteria: ketepatan menafsirkan dan menyimpulkan Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 5

2-3

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul
a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 2 dan 3

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM=

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)b. Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas secara berkelompok.

Penilaian Pertemuan-2,3:

(a) Kriteria: ketepatan memberi argumen tentang Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 10

4

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Interaksi intra dan intermolekul.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Interaksi intra dan intermolekul
a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 4

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-4:

(a) Kriteria: ketepatan memberi argumen tentang Interaksi intra dan intermolekul
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 10

5,6

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly).

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly).

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 5,6

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual..

Penilaian Pertemuan-5,6:

(a) Kriteria: ketepatan memberi argumen tentang Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly)
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 10

7, 9

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning

Pertemuan 7,9

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik).

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-7,9:

(a) Kriteria: ketepatan memberi argumen tentang Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 25

8

Ujian

Tengah

Semester

atau

UTS

10-11

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Bioinformatika.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Bioinformatika.

 a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik).

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-10,11:

(a) Kriteria: ketepatan menyimpulkan terkait Bioinformatika
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 20

12-15

Mahasiswa mampu memprediksikan (C5), menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) Metode Analisis biomolekul.

Teori keaktifan dan kereaktifan atom dan molekul (U5)
Teori Interaksi Antarmolekul
(U6): Metode Analisis biomolekul.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik).

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian

(a) Kriteria: ketepatan memberi argumen dan mengarahkan tentang Metode Analisis biomolekul
dengan ketepatan minimal 60%.
Bobot (%): 30

16

Ujian

Akhir

Semester

atau

UAS