in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Sintesis Kimia Organik

Kode:

AKM22622

Bobot

3 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Ismiyarto, S.Si., M.Si., Ph.D
  2. Dr. Bambang Cahyono, MS

Ismiyarto, S.Si., M.Si., Ph.D

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  4. (KK1) Mampu melakukan pendalaman  atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  5. (KK2) Mampu memecahkan masalah IPTEKS terkait dengan struktur, sifat, dinamika, dan energetika kimia pada tingkat mikro- maupun makro molekul, melalui pendekatan eksperimental, deduksi teoretis atau komputasi/simulasi, dan pendekatan secara inter- atau multidisiplin, dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk diterapkan dalam memecahkan masalah IPTEKS tersebut.
  6. (PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan Pengertian Sintesis Senyawa Organik, menuliskan struktur dan reaksi senyawa organik. Mampu menjelaskan dan menuliskan strategi sintesis senyawa Organik dengan Pendekatan Diskoneksi. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan dan menuliskan Sintesis Organik dengan Pendekatan Diskoneksi yang melibatkan: (1). Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan dan menuliskan contoh strategi Diskoneksi yang melibatkan: (1). Gugus Pelindung. (2). Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Alkohol.. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan, menuliskan dan menggunakan Strategi Pemilihan Diskoneksi C-C pada Sintesis senyawa Organik. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan dan menuliskan contoh strategi diskoneksi yang melibatkan prinsip: (1). Regioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik. (2). Enantioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik.
  6. (M6) Mampu menjelaskan dan menuliskan contoh strategi Diskoneksi yang melibatkan: Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Karbonil.
  7. (M7) Mampu menjelaskan struktur dan sifat-sifat senyawa organo logam sebagai katalis, serta menyusun strategi yang tepat untuk mendapatkan enantioselektivitas reaksi yang diinginkan. (1). Enantioselektivitas pada “Reaksi Kopling Heck”. (2). Enantioselektivitas pada “Reaksi Kopling Suzuki-Miyaura” . (3). Enantioselektivitas pada “Reaksi Kopling Stile”.

Deskripsi Singkat Matakuliah

Kajian mata kuliah ini berisi tentang Sintesis senyawa organik: Dasar Strategi Sintesis Dengan Pendekatan Diskoneksi: Urutan Langkah, Kemoselektivitas; Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik; Strategi Sinthesis senyawa Amin, Gugus Pelindung; Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Alkohol; Strategi Pemilihan Diskoneksi C-C; Strategi Enantioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik; Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Karbonil; Strategi Regioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik; Enantioselektivitas pada Reaksi-reaksi: Kopling Heck, Kopling Suzuki-Miyaura dan Kopling Stile.

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

In Progress…

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

  1. Dasar Strategi Sintesis Dengan Pendekatan Diskoneksi: Urutan Langkah, Kemoselektivitas.
  2. Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik.
  3. Strategi Sinthesis senyawa Amin.
  4. Gugus Pelindung.
  5. Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Alkohol.
  6. Strategi Pemilihan Diskoneksi C-C.
  7. Strategi Enantioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik.
  8. Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Karbonil.
  9. Strategi Regioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik.
  10. Enantioselektivitas pada Reaksi Organik menggunakan Katalis Senyawa Organik.
  11. Enantioselektivitas pada Reaksi Organik menggunakan Katalis Senyawa Organo Logam: Kopling Heck, Kopling Suzuki-Miyaura dan Kopling Stile.

Pustaka

Utama:

  1. Smith, M.M., 1994, Organic Synthesis, 1st.ed., McGraw-Hil, New York.
  2. Warren, S, 1085, Organic synthesis: The disconnection approach, John Willey and Sons, New York.
  3. Norman, R.O.C., 1978, Principkles of Organic Synthetis, 2nd. Ed., Chapman and hall, London
  4. Fessenden R.J and Fessenden J.S: a.b. Pudjaatmaka A.H, 1992, Kimia Organik, Julid I, Edisi 3

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

Mampu menjelaskan Dasar Strategi Sintesis Dengan Pendekatan Diskoneksi dan mampu mendesain sintesis senyawa organik

in Progress
(BK1, …)Dasar Strategi Sintesis Dengan Pendekatan Diskoneksi: Urutan Langkah, Kemoselektivitas
Ceramah, diskusi, tampilan animasi.

Pertemuan 1:

TM= 1x(3×50″)

Diskusi kelompok, menyusun definisi yang tepat mengenai Sintesis Dengan Pendekatan Diskoneksi dan mampu mendesain sintesis senyawa organik.

Penilaian

(a) Kriteria: Ketepatan menjelaskan dan mendesain sintesis senyawa organik. Bobot (%): 5

2-3

Mampu menjelaskan dan menuliskan Sintesis Organik yang melibatkan Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik.

……

(BK2, …..)

Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik

Ceramah, diskusi, tampilan animasi

Pertemuan 2 dan 3

TM=

2 x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Diskusi kelompok, menyusun strategi sintesis senyawa organik yang melibatkan Pembalikan Polarity dan Strategi Reaksi Siklik.

4

Mampu menjelaskan dan menuliskan strategi sintesis senyawa Amin.

……

(BK 1, ….)

  • Strategi Sinthesis senyawa Amin
Ceramah, diskusi.

Pertemuan 4

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Ceramah Pendekatan Diskoneksi Sintesis senyawa Amin

5

Mampu menjelaskan dan menuliskan Sintesis Senyawa Organik yang melibatkan gugus pelindung.

……

(BK8, …..)

  • Gugus Pelindung.

Ceramah, diskusi.

Pertemuan 5

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Ceramah Pendekatan Diskoneksi Sintesis Senyawa Organik yang melibatkan gugus pelindung.

6

Mampu merancang dan memberikan contoh strategi Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Alkohol.

……..

(BK2, …..)

  • Diskoneksi satu Gugus C-C: Senyawa Alkohol.

Ceramah, diskusi.

Pertemuan 6

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Diskusi kelompok, merancang Urutan langkah Sintesis yang melibatkan Diskoneksi satu Gugus C-C pada senyawa Alkohol.

7

Mampu menjelaskan dan merancang sintesis senyawa organik yang melibatkan induksi enantioselektivitas.

BK-8. ….

(BK2, ….)

  • Strategi Enantioselektivitas pada Sintesis Senyawa Organik

Diskusi kelompok

Pertemuan 7

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Diskusi kelompok, mengaplikasikan prinsip induksi enantioselektivitas pada sintesis senyawa organik.